Monday, November 27, 2017

Tips untuk mengatasi disk usage hingga 100% pada Windows

Posted by on Monday, November 27, 2017


Tips untuk mengatasi disk usage hingga 100% pada Windows- Komputer lemot? dalam masalah ini kita cukup di sulitkan terhadap lemotnya kinerja komputer anda sehingga hal ini membuat aktifitas dalam berkomputer cukup terganggu. Kinerja komputer yang lamban biasanya disebabkan oleh disk usage yang mencapai hingga 100%. Dalam kasus ini biasanya terlalu banyaknya program yang berjalan, namun saya pernah mendengar bahwa setiap kali mengkoneksikan perangkatnya ke jaringan internet memakan banyak disk dan ram sungguh hal ini sangat mengganggu. Maka dari itu disini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi disk usage yang mencapai 100% ini. Berikut adalah tips-tips yang saya berikan.


1. Ceklah komputer anda itu terinfeksi virus/malware atau tidak?


Pada tips yang pertama ini cobalah anda untuk mengecek komputer anda itu terbebas dari virus atau malware. Dengan adanya virus atau malware dalam komputer bisa menyebabkan kinerja komputer anda lemot . Tidak ada salahnya anda mencoba utnuk mengecek apakah komputer anda itu terbebas dari virus atau malware dengan menggunakan software-software antivirus seperti AVG, Avast, Eset, dan sebagainya.


2. Cobalah anda mendefrag hardisk anda agar performa hardisk menjadi baik


Pada tips yang kedua ini saya menyarankan kepada kalian untuk mendefrag hardisk Anda. Fungsi dari defragment hardisk sendiri menurut yang saya baca adalah menyusun file-file otomatis file yang telah kita hapus ataupun kita buka. Salah satu fungsi dari Disk Defragment ini ialah untuk memperbaiki boot sector pada hardisk. 


3. Matikanlah fitur "Windows Search" di komputer anda


Pada tips yang ketiga ini, saya akan menjelaskan dan menyarankan kepada Anda kenapa fitur windows search ini harus di matikan. Pada Sistem Operasi windows yang terbaru seperti windows 8 dan windows 10 ini pada fitur Windows Search memiliki bug. Bug pada windows search ini di namakan "Search Loops". Nah jika kalian belum mengetahui cara menonaktifkan fitur Windows Search ini pada komputer kalian , maka admin akan memberitahukan.

a. Yang pertama adalah tekan Windows + R secara bersamaan
b. Kemudian anda ketikan "services.msc"
c. Nah jika sudah anda carilah service yang bernama Windows Search seperti pada gambar dibawah ini.


d. Kemudian ubahlah Startup typenya menjadi disable


Jangan takut, anda bisa mengaktifkan fitur windows search ini kembali seperti cara di atas dengan hanya mengganti disable menjadi automatic kapan saja. Tapi saran saya biarkan fitur ini di nonaktifkan saja karena memiliki bug yang cukup memberatkan kinerja Komputer Anda seperti yang sudah di jelaskan di atas.

4. Matikanlah Sevice Superfetch


Dalam tips yang keempat ini, saya menyarankan anda untuk mematikan service Superfetch ini. Sebenarnya apa itu Superfetch ? fungsinya?. Superfetch adalah "SuperFetch adalah sebuah teknologi I/O dalam Windows Vista yang memuat aplikasi-aplikasi yang umum digunakan terlebih dahulu ke dalam memori agar mengurangi waktu pemuatan aplikasi-aplikasi tersebut. SuperFetch merupakan versi yang ditingkatkan dari prefetcher yang telah ada di dalam Windows XP." Wikipedia. Anda bisa memaitkan fitur superfetch ini seperti mematikan fitur Windows search dengan cara mematikan fitur ini dengan menggunakan service.msc.


5. Bersihkanlah disk anda dari file yang tidak penting


Sebaiknya kalian membersihkan file-file yang berukuran besar atau yang tidak penting yang berada pada disk anda. Dalam hal ini , ini juga mempengaruhi kinerja hardisk anda. Cobalah untuk tidak membiarkan disk anda tidak sampai full / merah. Kalian bisa mengahpus file-file yang sudah lama, tidak penting, cache browser, dan sebagainya menggunakan software CCleaner.


Baik, itu adalah beberapa tips yang admin berikan kepada kalian. Dalam merawat komputer Anda agar terhindar dari kinerja yang lamban wajiblah anda merawat komputer Anda secara baik dan rutin. Terutama hardisk pada komputer anda, ini adalah bagian yang vital. Rawatlah hardisk sesring mungkin dengan beberapa tips diatas sepert mendefrag dan rajin rajin membersihkan isi hardisk yang sudah tidak digunakan atau sudah penting.

Sekian dari saya kurang lebih nya mohon maaf, semoga bermanfaat. Salam Tekno!!


close